Saya Adalah Seorang Blogger Yang Menulis Untuk Anda dan Berusaha Menyajikan Info Yang Terbaik

CARA MEMBUAT CROP CIRCLES

Pada Hari : Saturday, February 12, 2011 | Jam : 8:20 AM


Crop circles adalah suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius di area ladang tanaman, seringkali hanya dalam waktu semalam. Fenomena ini pertama kali ditemukan di Inggris pada akhir 1970, dengan bentuk pola-pola lingkaran sederhana. Pada masa-masa setelahnya, pola-pola tersebut kini cenderung bertambah rumit dan tidak terbatas hanya pada hanya bentuk lingkaran.
Pada hari Minggu tanggal 23 Januari 2011 masyarakat Jogja dibuat heboh dengan munculnya lambang misterius berdiameter 70 meter yang dicurigai terkait dengan isu makhluk luar angkasa (UFO) yang dikenal dengan sebutan lingkaran tanaman atau crop circle di daerah persawahan di Gunung Suru Jogotirto Berbah Sleman Yogyakarta.


Menurut Thomas Djamaluddin Astronom dari LAPAN, Crop circles tidak disebabkan oleh UFO melainkan buatan manusia sebagai sebuah karya seni, komersial, maupun hanya lelucon yang kreatif, jika mau andapun juga bisa membuatnya.
Cara Membuat Crop Circles


Berikut ini langkah-langkah cara membuat crop circles sendiri (berdasarkan info dari Wikihow).

  • Menentukan ladang atau lahan yang diperlukan, ini sangat penting mengingat seni membuat crop circles ini membutuhkan lahan yang sangatlah besar. Selain itu tentu penting memilih lahan yang bisa dilihat banyak orang.
  • Membuat rencana desain lingkaran tanaman menggunakan peta skala besar untuk menjamin akses bagi Anda dan audiens Anda. Siapkan plot desain garis lurus atau melingkar. Tandai di peta arah Anda akan meratakannya, untuk menghindari tanda-tanda dari bagian yang mencurigakan, diperlukan pembuat lingkaran berpengalaman sehingga dapat menghindari merusak desain dengan meninggalkan garis-garis seperti mesin pemotong rumput.

  • Setelah di lapangan, gunakan pengukuran ke tempat yang tepat dengan spidol pada desain mini yang anda buat. Teman Anda dapat membantu untuk menandakan tempat, membuat perhitungan tiap sisi bagian lahannya, dan meletakkan tali untuk menandai area datar.

  • Membuat garis konstruksi dengan meletakkan tali untuk menguraikan ke gambar yang dibuat. Setelah menandai garis dengan tali, kemudian meratakan lingkaran pada titik-titik persimpangan. Untuk menciptakan gambar yang sempurna biasanya dibuat garis tali segitiga sama sisi, dan menciptakan lingkaran dipipihkan di sudut-sudut segitiga.

  • Membentuk gambar dengan meratakan tanaman. Setelah setiap sudut terbentuk dengan tali, saatnya kreasi seni dibuat. Ada dua cara dapat dilakukan, pertama dengan Plank Flattening, yaitu menggunakan papan bertali, untuk meratakan dengan memegang tali lalu tekan ke depan dan ke bawah dengan tetap satu kaki di papan.
    Cara lainnya bisa menggunakan roller, alat bantu ini biasanya disediakan di toko material dengan alat yang dimodifikasi.

  • Cara pembuatan crop circles bisa dilihat di video YouTube berikut ini : How to make a crop circle.

Referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Crop_circle

http://www.wikihow.com/Make-a-Crop-Circle

http://www.youtube.com/watch?v=a_opN9ghPKQ

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Aapaa.. Aja Yang Saudara Suka, Baik dan Buruk Akan Saya Terima!!!

Search

Artikel Lainnya