Saya Adalah Seorang Blogger Yang Menulis Untuk Anda dan Berusaha Menyajikan Info Yang Terbaik

Arti EVDO dan HSDPA

Penulis : Pada Hari : Tuesday, March 8, 2011 | Jam : 7:07 PM


Seringkali kita mendengar modem dengan EVDO dan HSDPA, nach apa sich sebenarya arti dari EVDO dan HSDPA itu?

  • EVDO (Evolution Data Only/Evolution Data Optimized)

  • EVDO atau Evolution Data Only/Evolution Data Optimized adalah suatu standar untuk transmisi data secara nirkabel komunikasi generasi ketiga atau yang dikenal dengan 3G, berbeda dengan 3G pada GSM, EVDO diciptakan secara khusus hanya untuk CDMA dengan menggunakan frekuensi radio.

    EVDO memiliki beberapa standar revisi, revisi di sini dimaksudkan untuk terus mengembangkan EVDO secara lebih canggih tentu saja dalam hal kecepatan. Standar revisinya dinamai secara alphabetical dimulai dari EVDO Rev.0 (nol), EVDO Rev.A, dan yang sedang mengalami pengembangan yaitu EVDO Rev.B. Masing-masing standar revisi tersebut mempunyai perbedaan pada kapasitas bandwith transmisinya atau kecepatan akses data yang disajikan.

    Di sini EVDO menggunakan jaringan CDMA 2000 untuk menyediakan akses kepada perangkat telekomunikasi jaringan bergerak dengan interface pada kecepatan 2,4 Mbps untuk EVDO Rev.0, dan 3,1 Mbps untuk EVDO Rev.A, sementara untuk EVDO Rev.B masih belum diketahui berapa kecepatan yang bisa dihasilkan oleh revisi ini, yang pasti tentunya kapasitas bandwith transmisinya lebih unggul ketimbang dua EVDO sebelumnya.

    Pasalnya, walaupun EVDO yang digunakan adalah EVDO Rev.0 ataupun EVDO Rev.A, semuanya tergantung pada daya tangkap sinyal dan jaringan di mana pengguna berada. Hal ini disebabkan karena EVDO masih bergantung pada jaringan jangkauan BTS. Ada kalanya pada saat tertentu pengguna melakukan akses data di mana tidak ada jaringan EVDO. Namun jika hal ini sampai terjadi, maka secara otomatis sistem operator penyedia jasa akan mengalihkan pengguna ke jaringan standar mode 1X-RTT, di mana pengguna tetap bisa melakukan akses data tetapi menggunakan kecepatan 1X yang hanya 152 Kbps, ini sama saja dengan akses data pada modem CDMA biasa.

  • HSDPA(High-Speed Downlink Packet Access)

  • High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G. HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang.

    W-CDMA adalah nama teknologi GSM yang memungkinkan adanya teknologi 3G. Tujuan HSDPA, tak lain, adalah untuk meningkatkan kecepatan maksimal transfer data, kualitas pelayanan, dan efisiensi

    HSDPA memungkinkan adanya layanan video streaming, Internet akses yang cepat, dan konferensi video. Lho, bukannya 3G saja sudah bisa? Memang bisa, tapi 3G biasa cuma berkecepatan 384 Kb/detiks. Nah, HSDPA memungkinkan kecepatan data maksimal 14 Mb/detik. Wow, kan? Dalam kondisi prima, kecepatan HSDPA lebih baik ketimbang koneksi internet kabel alias DSL (Digital Subscriber Line).

    Kecepatan yang seperti itu membuat HSDPA menjadi teknologi tercepat di antara seluruh teknologi jaringan bergerak (mobile).Dengan kecepatan yang demikian, mudah-mudahan, nonton televisi di ponsel, telepon video, akses Internet, dan layanan data lainnya bisa berjalan dengan mulus. Layanan lain pun bisa dirasakan lebih nikmat. Pelanggan bisa memperoleh waktu respons lebih singkat, menunggu lebih sebentar, dan menikmati kecepatan koneksi yang tinggi. Mereka menggunakan ponsel mereka untuk menelepon dan pada saat yang sama, mereka bisa mengunduh data.
Kesimpulan : EVDO punya modem CDMA (3G nya CDMA), HSDPA punya modem GSM

14 comments:

  1. Saya memakai CDMA EVDO dari salah satu provider yang gencar beriklan di televisi tetapi sangt sangat trelelet

    Uplink dan downlink hanya 0-20 kbps, kadangkala sampai 45 tetapi tidak pernah lebih dari 50 kbps

    uh menjengkelkan, sering putus-putus, macet sampai beberapa jam, saya ke kantor tempat saya membeli, mereka bilang lagi down

    uhk big promotion tetapi trelelet

    ReplyDelete
  2. Smartfren mungkin maksudnya.
    Di Jogja, paket Smartfren Bundling EC1261-2, dg modem EVDO Rev A(max 3,1 mbit/det), gratis 1 bln UNLIMITED NON KUOTA, kecepatan max 384 kbit/det(iklannya).

    Faktanya, sering bgt gak nyampe 125 kbit/det. Itu sih dibawah kecepatan CDMA 1x(Max 153 kbit/det).

    Kampret tenan!!!

    ReplyDelete
  3. bener banget tuch, cuma bisa beri janji tapi bukan beri bukti.... kecepatannya bener2 paling leleeet...

    ReplyDelete
  4. yang anggap smart frend lelet mungkin yang pake g ratisan saat beli modem

    ReplyDelete
  5. ane beli smartpret EVDO REV.A EC *brapa gue lupa*, yg free 2 bulan pokoknya,
    pas di coba leletnya minta ampun..

    tapi pas coba pake modem lain, Air Flash Rev.0, kok malah jauh lebih cepet yak (pdhl kartunya sama)..

    itu napa ya??
    pdhl kan REV.A katanya lebih bagus daripada REV.0

    ReplyDelete
  6. @anonymous-->semua janji janji dari provider dalam iklannya itu tidak bisa menjamin

    ReplyDelete
  7. Wah saya puas sekali looo...menggunakan layanan FLEXIDroid....akses nya sangat cepat dan enaknya...kalau akses internet dan youtube...dlll ayo buruan deh FLEXI Droid...

    ReplyDelete
  8. Saya pake EVDO dari Flexi ... benar2 beda saat masih cdma 1X .... Lebih ngaciiirrrr

    ReplyDelete
  9. flexi juga ga bener,,,dia promo di salah satu pusat penjualan hp di bandung,,promo flexi evdo,,saat saya beli kartunya dan berlangganan,,taunya dapetnya sinyal cdma1x..saya telp operatornya,,pihak flexi bilang 'minta maaf karena blum ada jaringan evdo di sana"...hadeeeuuuuhhhh,,,trus ngapain promo siyyycchhh??

    ReplyDelete
  10. FLEXI EMANG PAYAH,PULSA MAIN HABIS AJA MESKIPUN GK DIPAKE

    ReplyDelete
  11. terus apa nih yang bagus buat modem

    ReplyDelete
  12. teru yang bagus pke modem apa gan jd binggung

    ReplyDelete
  13. modem yang bagus kemungkinan modem yang di bundle dengan kartunya

    ReplyDelete
  14. Anonymous said...

    Smartfren mungkin maksudnya.
    Di Jogja, paket Smartfren Bundling EC1261-2, dg modem EVDO Rev A(max 3,1 mbit/det), gratis 1 bln UNLIMITED NON KUOTA, kecepatan max 384 kbit/det(iklannya).

    Faktanya, sering bgt gak nyampe 125 kbit/det. Itu sih dibawah kecepatan CDMA 1x(Max 153 kbit/det).

    Kampret tenan!!!


    ---> mulai belajar KBps dan kbps
    disemua iklan yg dipajang itu dibagi 8 tong,
    jadinya kalo ente donglot lagu/bokep yg paketan 384Kbps, maxs ente liat rate download di browser yah 48kbps ...

    ada harga ada rupa, kalo situ mampunya paket rakyat yah musti puas dapetnya kecretan kek gitu hahaha

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Aapaa.. Aja Yang Saudara Suka, Baik dan Buruk Akan Saya Terima!!!

Search

Artikel Lainnya