Saya Adalah Seorang Blogger Yang Menulis Untuk Anda dan Berusaha Menyajikan Info Yang Terbaik

10 Bahan Alami Untuk Obat Sehari-Hari

Penulis : Pada Hari : Tuesday, April 1, 2014 | Jam : 1:30 PM
Bahan alami sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai obat daripada bahan kimia, bahan alami seperti buah-buahan dan sayur-sayuran mudah kita dapatkan di sekeliling kita, di kebun ataupun tumbuh liar di sekeliling kita, dibawah ini adalah beberapah bahan alam yang dapat kita manfaatkan sebagai obat sehari-hari :

bahan alami obat herbal
Soda untuk tersengat tawon
Selain menyegarkan, minuman bersoda ternyata juga bisa menyembuhkan kulit yang tersengat tawon. Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang dapat menghilangkan rasa sakit akibat sengatan. Tapi, efek minuman bersoda seperti cola tidak berlaku untuk sengatan lebah.

Tomat  untuk gigitan serangga dan penetralisir bau
Tomat bisa menjadi obat alami untuk mengatasi bengkak dan gatal akibat gigitan serangga. Cukup iris, dan letakkan di bagian yang gatal atau bengkak. Itu juga berguna mengatasi bau badan. Tuang dua cangkir jus tomat dalam air hangat di bak mandi. Berendamlah 15-20 menit.

Cuka  untuk  sengatan ubur-ubur
Senang snorkeling atau diving? Bersiaplah dengan ubur-ubur yang bisa menyengat kapanpun. Tidak hanya menyebabkan rasa gatal, beberapa sengatan juga dapat menyebabkan rasa sakit. Siram bagian yang sakit dengan cuka, lalu bilas dengan air garam dan kompres dengan air dingin.

Pisang untuk atasi cemas
Antrean panjang, penundaan penerbangan dan stres selama perjalanan, bisa membuat siapa pun cemas. Atasi dengan mengonsumsi pisang. Buah yang mengandung 105 kalori dan 14 gram gula itu akan mendorong gula darah dan membantu otak memproduksi serotonin, hormon senang.

Garam untuk sariawan 
Simpan garam yang tidak Anda gunakan di hotel atau pesawat. Sebab, Anda akan membutuhkannya ketika sariawan tiba-tiba menyerang. Terapkan garam pada bagian yang sariawan. Atau, berkumurlah dengan air garam. Meski awalnya sakit, sariawan jadi lebih cepat sembuh.

Yogurt untuk diare
Yogurt merupakan salah satu makanan sehat yang mengandung antibiotik alami. Ia juga dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. Konsumsi yogurt saat diare atau sulit buang air besar.

Kayu manis untuk mual dan sakit perut
Kayu manis memiliki antimikroba yang dapat dengan cepat mengatasi mual dan sakit perut. Konsumsi kayu manis bersama roti bakar atau makanan penutup lainnya. Bisa juga dicampur dengan teh hangat.

Kopi untuk obat nyamuk alami
Tak perlu lagi menggunakan obat nyamuk bakar saat berkemah. Gunakan saja kopi bubuk. Cukup siapkan wadah aromaterapi dan tuang beberapa sendok teh kopi bubuk. Aroma kopi yang menyengat mampu mengusir nyamuk dan tawon.

Alpukat untuk tabir surya
Alpukat kaya akan nutrisi dan minyak yang dapat melindungi, melembutkan, serta menenangkan kulit. Iris alpukat, lalu oleskan. Bukan hanya bisa dijadikan sebaga tabir surya, alpukat juga bisa dimanfaatkan sebagai krim pembersih dan kondisioner rambut.

Jahe untuk sakit tenggorokan
Jika sakit tenggorokan mulai mengganggu libura, atasi dengan segelas jahe hangat. Jahe dapat menghangatkan tubuh dan menjadi obat sakit tenggorokan yang sederhana. Jahe juga ampuh atasi mual saat mabuk perjalanan.

Demikian info obat-obatan alami dari tumbuh-tumbuhan, sayuran ataupun buah-buahan, semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Aapaa.. Aja Yang Saudara Suka, Baik dan Buruk Akan Saya Terima!!!

Search

Artikel Lainnya