Saya Adalah Seorang Blogger Yang Menulis Untuk Anda dan Berusaha Menyajikan Info Yang Terbaik

Puasa Dapat Sembuhkan Penyakit Maag

Penulis : Pada Hari : Monday, August 23, 2010 | Jam : 9:00 AM
Sudah Tahukah anda bahwa puasa bisa menyembuhkan penyakit maag. Namun, bagaimana mungkin? Terlambat makan beberapa jam saja dapat menyebabkan sakit maag. Bagaimana mungkin puasa Ramadan yang mencapai 14 jam setiap hari malah bisa menyembuhkannya?



Pertama, pemahaman kita harus benar dulu tentang jenis penyakit maag yang bisa disembuhkan dengan berpuasa. Secara umum, penyakit maag ada dua jenis, organik dan fungsional.



Penyakit maag organik merupakan kelainan organ yang dapat disembuhkan dengan pengobatan. Penyakit maag fungsionallah yang bisa disembuhkan dengan berpuasa karena disebabkan oleh pola makan tak teratur atau tak sehat bagi lambung, misalnya makanan atau minuman yang mengandung cokelat, keju, minyak, kopi, soda, dan tembakau. Jenis terakhir inilah yang paling banyak penderitanya.



Ya, selama puasa Ramadan, mereka yang menjalankannya biasanya menjalani pola makan yang lebih teratur karena terbatasnya waktu makan dan desakan rasa lapar saat berbuka. Begitu juga dengan kebiasaan makan yang tak sehat, biasanya berkurang.



Bukan berarti seorang penderita sakit maag tidak akan mengalami gejala maag sama sekali selama perpuasa. Sebuah seminar tentang puasa dan penyakit menjelaskan bahwa pada minggu pertama puasa, secara normal asam lambung akan meningkat pada waktu makan yang normal. Ini tentu dapat menimbulkan perih. Namun, kadar asam lambung mulai sesuai dengan kebutuhan di minggu-minggu berikutnya.

1 comment:

Silahkan Berkomentar Aapaa.. Aja Yang Saudara Suka, Baik dan Buruk Akan Saya Terima!!!

Search

Artikel Lainnya


Arsip Blog