Saya Adalah Seorang Blogger Yang Menulis Untuk Anda dan Berusaha Menyajikan Info Yang Terbaik

Perbedaan KBps dan Kbps

Penulis : Pada Hari : Tuesday, April 26, 2011 | Jam : 12:55 PM
speed kbps
Apa sich bedanya KBps dan Kbps ? Seringkali kita keliru dalam mengartikan bit dan Byte khususnya kalau sudah masuk dalam ranah internet yang menggunakan satuan Kilo misal KBps atau kbps, padahal keduanya adalah hal yang berbeda satu sama lain khususnya di huruf “B” yang satu menggunakan “B” besar dan satu menggunakan “b” kecil, namun dalam pengucapan sangat sulit dibedakan sehingga sering kali menimbulkan salah pengertian.


Untuk lebih tepatnya untuk KBps kita baca KiloByte per second dan kbps adalah kilobit per second.

Kebanyakan penyedia layanan internet menyebutkan kecepatan akses mereka dengan kbps dan rata-rata kecepatan download yang ditampilkan di komputer adalah KBps, sehingga sering kali muncul pertanyaan dan bahkan komplain dari pengguna internet ke provider, terkadang muncul pertanyaan “dibilang di brosur kecepatannya 128 kbps tapi kok dipakai download dapetnya cuman 16 KBps?”

Sebenarnya kalau dijelaskan lebih detil 1 Byte = 8 bit, sehingga kalau pernyataan diatas dilihat bahwa user mendapatkan download rate 16 KBps x 8 = 128 kbps, adalah benar, bahwa dari pihak provider memberikan kapasitas bandwidth 128kbps atau 16 KBps.
Sebagai contoh lain dengan acuan 1 Byte = 8 bit, maka :
256 kbps sama dengan 258/8 = 32 KBps
1 Mbps Dedicated sama dengan 128 KBps x 8 = 1024 Kbps / 1 Mbps

Jadi KBps adalah kepanjangan dari Kilo Byte Per Second
Dan Kbps adalah kepanjangan dari Kilo Bit Per Second

4 comments:

  1. woghhh,, gitu ternyata penjelasannya,
    kenapa ISP gak ngebuat satuan speed nya pake Byte aja ? hahaha

    ReplyDelete
  2. Supaya banyak yang tertarik buat berlangganan. Kalo ISP nya ngebuat satuan pake kBps, ntar gak laku. Soalnya kelihatan lebih lambat.. :D

    ReplyDelete
  3. Informasi yang bagus. Banyak orang yang salah kaprah tetang mbps dan kbps ini (termasuk beberapa teman dari IT).
    Koreksi sedikit: tidak ada istilah KBps & MBps, adanya KB/s atau MB/s

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Aapaa.. Aja Yang Saudara Suka, Baik dan Buruk Akan Saya Terima!!!

Search

Artikel Lainnya